Minggu, 19 Juni 2016

Laporan Keuangan



Laporan Keuangan
A.    Pengertian Laporan Keuangan
Laporan keuangan merupakan ringkasan dari suatu proses pencatatan, merupakan suatu ringksan dari transaksi-transaksi  keuangan yang terjadi selama satu tahun buku yang bersangkutan.
B.     Tujuan laporan keuangan Keuangan
Adalah menyidiakan informasi yang menyangkut posisi keuangan. Kinerja, serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah pemakai dan dalam pengambilan keputussan ekonomi.
C.     Pelaporan keuangan dan laporan keuangan
Pelaporan keuangan dan laporan keuangan timbul dari kegunaan masing – masing. Informasi keuangan tertentu akan lebih baik bila disajikan dalam laporan keuangan, tetapi informasi tertentu lainnya akan lebih baik bila dilaporkan dalam lapiran lain. Walaupun demikian, laporan keuangan merupakan unsur utama pelaporan keuangan. Karenanya, maka tujuan laporan keuangan akan sama dengan tujuan pelaporan keuangan.
D.    Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan Menurut IAI
1.      Dapat dipahami
Informasi yang berkualitas adalah informasi yang dngan mudah dan segera dapat dipahami oleh pemakainnya.
2.      Relevan
Informasi mempunyai kualitasrelevan bila dapat mempengaruhi keputusan ekonomi pemakai, yaitu dengan cara dapat berguna untuk mengevaluasi peristiwa masa lalu, masa kini atau masa depan, menegaskan, atau mengkoreksi, hasil evaluasi di masa lalu.
3.      Keandalan
Informasi memiliki kualitas anadal jika bebas dari pengertian yang menyesatkan, kesalahan material, dan dapat diandalkan pemakainnya sebagai penyajian yang tulus atau jujur dari yang seharusnya disajikan atau yang secara wajar diharapkan dapat disajikan.

4.      Dapat Dibandingkan
Pemakai harus dapat membandingakan laporan keuangan perusahaan antar periode untruk mengidentifikasi kecenderuangan posisi dan kinerja keuangan.
E.     Susunan Laporan Keuangan
1.      Neraca
Adalah laporan yang menunjukan keadaan keuangan suatu unit usaha pada tanggal tertentu.
2.      Laporan Laba Rugi
Adalah suatu laporan yang menunjukkan pendapatan- pendapatan dan biaya – biaya dari satu unit usaha untuk suatu periode tertentu.
3.      Laporan Perubahan Modal
Perubahan modal ditunjukkan didalam laporan laba tidak dibagi. Di dalam laporan ini ditunjukkan laba tidak  dibagi diawal periode, ditambah dengan laba seperti yang tercantum dalam laporan perhitungan laba rugi dan dikurangi dengan deviden yang diumumkan selama periode yang bersangkutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar